Selasa, 12 Januari 2016

Pengaruh Era Digital dan Kesulitan Pemanfaatan Teknologi Internet dan New Media

Pengertian teknologi digital
    Teknologi digital adalah teknologi yang dilihat dari pengoperasionalannya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia. Tetapi lebih cenderung pada sistem pengoprasian yang serba otomatis dan canggih dengan system komputeralisasi/ format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.

   Pada era digital ini kita semua pasti terpengaruh dengan adanya teknologi digital. Dari semua pengaruh yang ada pasti terdapat dampak positif dan negatifnya. Berikut ini adalah pengaruh era digital yang saya rasakan.

Kekuatan :
1. Hemat
     Kemudahan yang ditawarkan dari setiap kecanggihan teknologi digital sangat menguntungkan karena dapat memperkecil biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah hubungan sosial bermasyarakat.

2. Cepat.
      Dibandingkan dengan hal-hal yang harus dilakukan dengan secara langsung (tatap muka) , penggunaan teknologi digital dapat membuat semua keperluan menjadi lebih cepat.

3. Santai
            Dengan banyaknya informasi dan kebutuhan yang dapat didapatkan dengan teknologi digital, waktu luang pun semakin banyak sehingga bisa lebih santai.

 4. Ilmu

         Penggunaan teknologi digital juga sebagai media pembelajaran bagi masyarakat. Perlahan-lahan mulai mengetahui komputerisasi tanpa harus mempelajari detailnya di pendidikan formal.

Kelemahan :

    a.   Kejahatan
      Teknologi digital dimanfaatkan sebagian orang untuk melakukan penipuan, penculikan dan kejahatan-kejahatan lain yang membahayakan orang lain.

    b.   Kerahasiaan
          Pembicaraan melalui telepon bisa diketahui dengan kecanggihan teknologi digital sehingga tidak ada jaminan kerahasiaan.

    c.   Kecanduan
      Kemudahan dalam menggunakan teknologi digital selalu membuat rasa ketagihan sehingga tanpa disadari, tidak ada hari tanpa penggunaan teknologi digital. 

    d.   Konsentrasi
      Jejaring-jejaring sosial yang ada dalam teknologi digital membuat pengguna asik bermain dan mengurangi konsentrasi dalam beraktifitas.

           Peluang (Opportunity)
     a.   Uang
      Alangkah bijaksananya jika segala kecanggihan teknologi digital dimanfaatkan untuk bisnis yang menghasilkan uang.

     b.   Informasi
      Tidak perlu takut ketinggalan informasi karena dengan teknologi digital dapat mencari informasi seluas-luasnya tanpa batasan waktu dari informasi yang diinginkan.

     c.   Teman baru
      Jejaring sosial yang ditawarkan dalam teknologi digital memudahkan pengguna untuk mencari teman sebanyak-banyaknya dari seluruh penjuru dunia tanpa harus bertatap muka secara langsung.

     d.   Investasi
      Sebagian teknologi digital harganya mahal, sehingga bagi yang berjiwa bisnis tentunya akan melihat era ini sebagai peluang besar untuk investasi dengan cara menyewakan kepada masyarakat yang membutuhkan.

     Dalam beberapa kesempatan kita pasti mendapatkan kesulitan dalam menggunakan teknologi internet dan new media.  Berikut ini saya akan memberikan beberapa kesulitan dalam memanfaatkan teknologi Internet dan New Media


        a.     Semakin maju
          Untuk kepentingan gengsi, teknologi digital semakin lama semakin maju dan jika terus menerus    mengikuti arusnya maka akan sangat memberatkan. Jadi sebaiknya membeli alat-alat berteknologi    digital sesuai dengan kebutuhan saja, atau bisa dengan pintar memilah-milah.

       b.   Hukum
        Kejahatan yang mudah dilakukan dengan kecanggihan teknologi digital membuat masyarakat harus berhati-hati agar tidak tergiur dengan semua itu karena ada hokum yang berlaku di Negara ini.

       c.    Kesehatan
        Teknologi digital membuat kita malas bergerak, sehingga kesehatan yang dibutuhkan dari gerak tubuh seperti olahraga tentunya akan menurun.

d. Biaya
      Harga beberapa alat-alat yang berteknologi digital sangat mahal sehingga harus memiliki uang banyak untuk membelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar