Resume Seminar
Sehubungan dengan
menyelesaikan tugas matakuliah softskill, kali ini saya akan membuat rangkuman
seminar yang mana saya telah ikuti pada Selasa 12 April 2016 dengan tema “Creative Heroes 2016: Be a Hero with
Your Creative Idea.”
Seminar “Creative Heroes 2016: Be a Hero with
Your Creative Idea” diawali dengan pembicara Reza Mustar atau akrab disapa Azer,
adalah seorang kartunis muda yang kini aktif menampilkan karya-karyanya di
media sosial Instagram, Twitter, dan Facebook.
Reza Mustar selalu
memiliki pena untuk menggambar dengan di tangannya.
Pada tahun 2004, Reza
diterapkan pelatihan di ilustrasi untuk pertama kalinya untuk membuat
pernyataan besar.
Dia menciptakan komik
berputar di sekitar fenomena kemudian baru jalur bus TransJakarta.
Usaha ini berlabuh
oleh zeitgeist matang dengan komikus independen menemukan lorong-lorong baru
untuk mendistribusikan karya kreatif mereka kepada publik, menggunakan kedua
Internet dan bentuk fisik.
Nah terdapat dampak
positif dan negatifnya dari pada saat kita memposting ke dalam medsos
Dampak Positif :
·
Untuk menghimpun keluarga, saudara, kerabat yang
tersebar
·
Sebagai media penyebaran informasi.
·
Memperluas jaringan pertemanan.
·
Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi
lebih bersahabat, perhatian, dan empati.
·
Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan
dan sosial.
·
Internet sebagai media komunikasi, setiap
pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh
dunia.
·
Media pertukaran data.
·
Sebagai media promosi dalam bisnis.
Dampak Negatif :
·
Dapat terjadinya tidak kejahatan
·
Mengganggu hubungan antar pasangan
·
Menghilangnya bahasa formal
·
Berkurangnya privasi pribadi
·
Kecanduan medsos
Pada
seminar tersebut. Terdapat, karakteristik media sosial
dan juga Security dan Privacy pada Social Networks.
·
Karakteristik Media Sosial
1. Pesan
yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai
banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
2. Pesan
yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
3. Pesan
yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
4. Penerima
pesan yang menentukan waktu interaksi
·
Jenis Media Sosial
1. Jaringan
(network)
2. Informasi
(information)
3. Arsip
(archive)
4. Interaksi
(interactivity)
5. Simulasi
sosial (simulation of society)
6. Konten
oleh pengguna (user generated content)
·
Cara Mengamankan Media Sosial
1.
Jangan menyimpan data akun pada
browser
2.
Berilah password yang unik dan
berbeda pada setiap akun media sosial
3.
Perhatikan dengan baik website
yang akan diakses
4.
Mengganti password media sosial
secara berkala
Tidak hanya Azer sebagai
pembicara,di seminar kali ini kita mendapat kesempatan mendengarkan Marcella
F.P seorang industri kreatif penulis buku berjudul “Generasi 90an” yang sempat
menjadi incaran banyak pembaca.
Alasan dari Marcella F.P membuat buku adalah “aku selalu membayangkan kalau suatu saat nanti
menulis buku, buku itu harus berguna dan bikin orang lain bahagia. Nah, aku
menemukan bahwa hampir setiap orang bahagia saat bernostalgia. Maka, aku
memutuskan untuk membuat buku tentang nostalgia,” ungkap Marcella.
Generasi 90an oleh Marchella FP ini merupakan buku grafis yang
merangkum kenangan-kenangan di tahun 90an, termasuk di antaranya adalah
tontonan, jajanan, mode, musik, mitos, dan lainnya yang sedang tren di saat
itu. Diilustrasikan dengan seni pop, buku ini sangat mudah untuk dinikmati.
Kunci menghidupi/berbisnis dalam industri kreatif di Indonesia ialah:
1. Harus tahu passion
Menjalankan bisnis tanpa passion hanya
akan membuat diri mejadi drop ketika bisnis tersebut ternyata
tidak mendatangkan keuntungan. Kalau memang menjalaninya dengan passion,
kita akan selalu cari celah baru untuk selalu mempertahankannya. kebahagiaan
adalah hal yang utama dalam hidup.
2. Masuk ke dalam komunitas
Libatkan anggota komunitas dan jangan jadikan mereka
sebagai konsumen pasif. Gagasan, komentar, dan masukan mereka bisa menjadi
pertimbangan dalam menjalankan bisnis.
3. Fleksibel
Keunikan industri kreatif ialah fleksibilitasnya. Kita
harus bisa menerima hal baru; metode, cara, dan produk baru. Industri kreatif
itu fungsinya memberikan nilai (value) tambah, kalau tidak fleksibel,
kita nggak akan bisa berkompetisi. Salah satu mindset di
industri ini ialah fleksibel.
4. Manfaatkan teknologi
Anak-anak zaman sekarang sudah dimanjakan dengan
fasilitas teknologi berlimpah. Harusnya bisa dimanfaatkan dengan lebih positif
dan produktif. Lebih diulik lagi, entah dari nilai ekonominya, atau sosialnya,
atau bidang apapun. Banyak hal dimulai dari sesuatu yang sederhana. Seperti
memanfaatkan jejaring sosial untuk menyebarkan ide, misalnya. Jangan jadi
konsumen teknologi yang pasif.
Kemudian kenali kelebihan dan kelemahan produk anda yang tentunya
tidak bisa terlepas dari adanya resiko persaingan. Karena itu, cermati
kelebihan dan kekurangan produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya yang
sejenis. Misalnya saja membandingkan desain dan kualitas produk Anda dengan
milik kompetitor, membandingkan harga produk Anda dengan produk serupa di
pasaran, serta membandingkan keunikan strategi pemasaran yang digunakan para
pekerja kreatif lainnya. Dan yang terakhir harus siap untuk gagal inilah mindset yang
harus dimiliki ketika membuat bisnis baru. Bukan untung yang dipikirkan tapi
ruginya seperti apa.
Nah, Yang kedua adalah
rangkuman seminar yang mana saya telah ikuti pada Selasa 19 April 2016 dengan
tema “Rise Your Technopreneur Dream’s”.
Pemasaran online
muncul sebagai salah satu media yang paling inovatif bagi pelaku usaha kecil
untuk mempromosikan produk dan layanan mereka ke khalayak ramai. Bahkan saat
ini tidak hanya UKM saja yang terbantu oleh pemasaran online, banyak pemilik
usaha terkemuka yang ikut mendapatkan peningkatan penjualan karena mereka
mempromosikan bisnisnya di internet.
Adanya internet
marketing telah menjadi sebuah metode yang paling efisien dalam layanan
penjualan produk maupun jasa
Pembicara pertama yaitu
Jonathan Christian Susanto, membahas bagaimana kita sebagai mahasiswa
menjadi seorang technopreneur untuk membuat starup yang baik. Pada awal
penyampaian materi oleh Bpk. Jonathan ia menjelaskan apa itu digital, dan menyampaikan
bahwa “ada kesempatan yang sangat besar untuk mahasiswa jurusan IT untuk bisa
menjadi raja baru (dalam hal starup), tidak hanya di Indonesia tetapi Di Dunia”.
Pada Januari 2016 sudah setengah penduduk
di dunia menggunakan internet, dari sekitar 7,5 miliar penduduk dunia, sudah
sekitar 3,5 miliar penduduk dunia yang menggunakan internet, dan sejak tahun
2015 pertumbuhan pengguna internet naik sebesar 10% per tahun.
Pada data bulan Januari 2016 Indonesia tercatat dengan penduduk sekitar 2,6 juta jiwa, dan yang baru terhubung ke internet sekitar 88 juta jiwa, dari data tersebut berarti baru 1/3 penduduk Indonesia yang terhubung online. Dengan pertumbuhan internet sebesar 15% per tahunnya.
Dengan data tersebut terbukti bahwa marketing di Indonesia sangat besar, karena dalam beberapa tahun lagi dengan pertumbuhan pengguna internet yang bertambah 15% per tahunnya dan baru 1/3 penduduk yang menggunakan internet maka seberapa banyak di tahun- tahun berikutnya yang menggunakan internet. Hal tersebut menyebabkan banyaknya perusahaan asing yang ingin berinfestasi di Indonesia, dengan mendirikan beberapa perusahaan star up di Indonesia.
Pada data bulan Januari 2016 Indonesia tercatat dengan penduduk sekitar 2,6 juta jiwa, dan yang baru terhubung ke internet sekitar 88 juta jiwa, dari data tersebut berarti baru 1/3 penduduk Indonesia yang terhubung online. Dengan pertumbuhan internet sebesar 15% per tahunnya.
Dengan data tersebut terbukti bahwa marketing di Indonesia sangat besar, karena dalam beberapa tahun lagi dengan pertumbuhan pengguna internet yang bertambah 15% per tahunnya dan baru 1/3 penduduk yang menggunakan internet maka seberapa banyak di tahun- tahun berikutnya yang menggunakan internet. Hal tersebut menyebabkan banyaknya perusahaan asing yang ingin berinfestasi di Indonesia, dengan mendirikan beberapa perusahaan star up di Indonesia.
Pembicara
kedua Bpk. Tommy Herdiansyah menjelaskan tentang star up yang berkembang saat
ini. Beliau membahas rata-rata pengguna internet menggunakan mobile, sehingga
sekarang ini banyak bermunculan mobile Apps. Banyak star Up baru
yangbermunculan di Indonesia contohnya Jojonomic.Com. Jojonomic.Com adalah star
Up yang berbisnis industri, tugasnya untuk membantu perusahaan mencatat dan
mengelola arus keuangan.
Pembicara
ketiga dari bpk. Pinta Ginting. Beliau adalah pemimpin dari perusahaan PT.
Nusantara Compnet Integrator (Compnet) membahas tentang Security
Challenge in Technopreneurship. Sebelum atau yang sudah dirilis ke internet
dilakukan uji coba security.
Dalam hal keuangan,
perusahaan telah dikalikan dengan pesat dari awal yang sederhana. Sampai
sekarang, Compnet telah tumbuh menjadi kelompok usaha yang terdiri dari
perusahaan afiliasi yang beroperasi secara sinergis dan didukung oleh lebih
dari 400 staf di beberapa kantor dan 31 titik layanan di seluruh Indonesia.
Kami juga bangga
dengan tradisi kita baik-baik saja membesarkan dan menjaga tim teknik yang
sangat baik. Kami adalah yang pertama perusahaan Indonesia yang pernah yang
dicapai judul Gold Partner dari Cisco Systems dan Compnet saat ini di antara
mitra Cisco 6 terbesar nasional.
Sebelumnya fokus
sebagai Jaringan Integrator (mengintegrasikan infrastruktur jaringan), sejak
tujuh tahun terakhir Compnet telah menambahkan pengembangan perangkat lunak dan
jasa solusi untuk melengkapi line-of-layanan untuk menjadi Sistem penuh matang
Integrator. Compnet sekarang menjadi perusahaan jasa yang membantu pelanggan
dalam mengintegrasikan sistem TI yang lengkap untuk lembaga atau perusahaan
mereka.
It
Preneeur, pada saat ini sudah banyak yang menggunakan internet, Ancaman cyber
merupakan masalah global dan jumlah serta kecanggihan mereka semakin terus
berkembang secara signifikan. Sejalan dengan misi perusahaan untuk
membantu terhadap serangan cyber, bertekad untuk membangun kesadaran,
mendorong dialog dan menjalankan program-program pendidikan yang berkontribusi
terhadap kerja sama internasional dalam memerangi kejahatan cyber.
Speaker:
·
Seminar 1 (12
April 2016)
-
Marchella F.P (Generasi 90an)
-
Reza Mustar (Komikazer)
·
Seminar 2 (19
April 2016)
- -
Tommy Herdiansyah (Co-Founder of Code Margonda)
-
Jonathan Christian Susanto (ASEAN Preneurs
Indonesia, Founder @InspiratorFreak, Mentor Young on Top Campus Ambassador,
FRIENDS Campus Ambassador of Merry Riana)
-
Pinta Ginting (PT Nusantara Compnet Integrator)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar